GRESIK, BeritaCakrawala.co.id - Dalam rangka pemberdayaan untuk menciptakan lapangan pekerjaan, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk bersinergi dengan universitas Muhammadiyah(fakultas ekonomi dan bisnis) lakukan pelatihan Branding product, Senin( 14/12/2020).
Acara tersebut bertempat di hotel horison GKB Gresik yang dihadiri oleh Edy saraya,ST. MBA, MM General Manager of Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Wanti Krisnawati,S.E.,M.SM (ketua pelaksana produk),Suwarno S.E.,M.SI (Dekan FEB UMG), Pregiwati Pusparini,S.T.M.T,Ph.D (wakil rektor UMG) para staf SIG ,univ Muhammadiyah dan para peserta UMKM.
Kerjasama berbagai program yang sudah dilakukan sejak November 2019 ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan & wawasan Mitra Binaan beserta UMKM sekitar sehingga dapat meningkatkan kwalitas product dan tentunya penjualan UMKM.
Pelatihan kali ini diikuti 30 UMKM dimaksudkan agar Mitra Binaan & UMKM memahami pentingnya branding untuk produknya sehingga dikenal masyarakat luas, karena produk yang bagus jika tidak dikemas dan tidak memiliki nama yang khas, tentunya kurang maksimal dalam penjualannya.
Selain itu Mitra Binaan & UMKM juga akan dibimbing dalam pengurusan NIB dan SIUP yang belum memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) dan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) sebagai pemenuhan aspek legalitas dalam.
Edy saraya,ST, MBA.,M.M General Manager of Corporate Social Responsibility CSR PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menyampaikan, harapan kami bagi pelaku UMKM bisa naik kelas sesuai target kementerian BUMN dan di kategorikan menjadi 4 tradisional ke modern, modern ke go digital, digital ke go konten, go konten baru ke go global.
kalau tradisional ke modern itu sudah di lakukan pelatihan tentunya siap dengan perijinan, seperti NIB, sertifikasi halal dan pembuatan NPWP dan yang dilakukan saat ini perbaikan kemasan dan branding.
" Untuk go digital harus menggunakan media sosial atau aplikasi baru ke go konten atau marketplace," Tegasnya.
" Program pemberdayaan ini bisa meningkat di tengah pandemi covid-19, kemudian hasil product ny tetap terbaik.sehingga program SIG mandiri untuk UMKM ini bisa berjalan baik"Imbuhnya.
Tak luput pula Wanti Krisnawati,S.E.,M.SM (ketua pelaksana produk) menambahkan, kita mengharap semoga UMKM product binaan PT semen Indonesia bekerjasama dengan fakultas ekonomi dan bisnis univ Muhamadiyah gresik berlatih bersama disini beberapa materi untuk menciptakan sebuah product yang bisa di terima di kalangan masyarakat Indonesia di situasi pandemi saat ini.
Dalam kesempatan yang sama Suwarno S.E.,M.SI Dekan FEB Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) menjelaskan, kami sangat berterimakasih bisa bekerja sama dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk untuk meningkatkan pemulihan perekonomian dalam hal product branding, mudahan mudahan komitmen ini akan kita laksanakan terus menerus,terangnya
" Untuk mejaga UMKM & mitra binaan tetap eksis PT Semen Indonesia (Persero) Tbk melalui koperasi simpan pinjam & Pembiayaan Syariah (KSPPS) BTM AL DAII memberikan dana hibah penyaluran modal sebesar 100 juta" Tuturnya.
Kami berharap dukungan dari banyak pihak, media, kalangan akademisi, Pemerintah Kabupaten Gresik dan seluruh stakeholder agar program ini bisa sustainable, berkembang dan dapat mencetak pengusaha pengusaha sukses, sehingga pada akhirnya akan banyak membuka lapangan kerja bagi masyarakat.
"Semoga para peserta pelatihan UMKM bisa menghasilkan product branding dan menjadi solusi pemulihan ekonomi di situasi pandemi saat ini" Pungkasnya. (BDI)
0 comments:
Posting Komentar